Skip to content
Home » 10 Cara Mengobati Luka Bakar Pada Manusia

10 Cara Mengobati Luka Bakar Pada Manusia

  • by
Jenis-Jenis Kanker

Halo sobat sehat! Jika kamu menderita luka bakar, apakah kamu sering mendengar bahwa harus diberikan minyak, pasta gigi, atau es batu secepatnya? Nyatanya hal tersebut kurang tepat. Disini akan dibahas cara mengobati luka bakar yang baik dan benar!

Seperti yang diketahui, luka bakar adalah suatu kondisi rusaknya jaringan kulit yang diakibatkan oleh paparan langsung dengan benda yang bersifat sangat panas maupun benda yang bersifat sangat dingin (frostbite).

Umumnya luka bakar ringan tidak bersifat mengancam jiwa, namun apabila luka bakar sudah terjadi cukup serius maka hal tersebut butuh penanganan yang tepat karena mungkin saja akan mengancam keselamatan jiwa.

Oleh karena itu, sobat sehat perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai derajat luka bakar yang kamu alami, apakah luka bakar tersebut termasuk derajat ringan, sedang, atau berat.

Luka bakar ringan umumnya dapat dilakukan pengobatan di rumah. Sebagian luka bakar derajat sedang dapat dilakukan pengobatan di rumah, dan sebagiannya lagi harus dengan penanganan khusus. Sedangkan luka bakar derajat berat wajib dilakukan penanganan khusus.

Cara Mengobati Luka Bakar dengan Mudah

Berikut beberapa cara mengobati luka bakar pada manusia yang dapat sobat sehat lakukan, beberapa diantaranya adalah cara alami dengan menggunakan bahan-bahan herbal:

  1. Membasuh luka bakar dengan air mengalir.

Cara mengobati luka bakar yang pertama adalah membasuh dengan air yang mengalir.

Lapisan kulit yang terkena luka bakar mengalami kenaikan suhu yang drastis sehingga dengan dialiri air maka secara perlahan suhunya akan kembali normal. 

Hindari penggunaan air es karena akan membuat penurunan suhu yang sangat ekstrem.

  1. Jangan mengoleskan pasta gigi.

Pasta gigi mengandung bahan yang dapat memperparah iritasi kulit ketika terkena luka bakar seperti deterjen, sehingga akan mengakibatkan lamanya penyembuhan luka.

  1. Jangan mengoleskan minyak.

Minyak di satu sisi dapat melembabkan kulit kering akibat luka bakar. Namun di sisi lain, minyak dapat menyebabkan tersumbatnya cairan alami yang akan dikeluarkan kulit ketika kamu mengalami luka bakar.

  1. Menutup luka bakar dengan kain kasa steril.

Penutupan luka dengan kain kasa steril ditujukan agar luka tidak mengalami kontak dengan udara atau benda yang kotor sehingga meminimalisir terjadinya infeksi.

  1. Menggunakan pelembab yang tidak membuat iritasi kulit.

Pelembab yang dapat digunakan seperti ekstrak daun lidah buaya maupun jenis petroleum jelly agar kulit tidak menjadi semakin kering. Pastikan bahan yang digunakan tidak mengandung zat yang dapat mengiritasi kulit.

  1. Jangan menggunakan alkohol untuk membersihkan luka.

Alkohol bersifat mengiritasi kulit dan juga akan memberikan sensasi perih yang luar biasa. Cukup membersihkan luka dengan air yang mengalir.

  1. Mengoleskan ekstrak daun mangga pada area luka bakar yang ringan.

Daun mangga mengandung senyawa flavonoid, fenol, dan tanin. Flavonoid bertindak sebagai antioksidan, sedangkan fenol dan tanin bertindak sebagai antiradang.

  1. Mengoleskan madu pada area luka bakar ringan.

Madu memiliki senyawa anti radang serta beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu pemulihan kulit yang terbakar. Madu yang digunakan haruslah madu murni.

  1. Meminum obat pereda nyeri.

Obat pereda nyeri yang dapat dikonsumsi seperti paracetamol, ibuprofen, asam mefenamat, dan sebagainya. 

Lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

  1. Meminum obat anti alergi.

Luka bakar juga dapat menyebabkan alergi. Sobat sehat dapat meminum obat golongan anti alergi seperti loratadine, cetirizine, chlorpheniramine, dan sebagainya. 

Lakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Cara Mengobati Luka Bakar yang Melepuh

Luka bakar yang melepuh biasanya mulai terjadi apabila kamu menderita luka bakar pada derajat yang sedang.

Kulit melepuh tersebut terjadi akibat kerusakan pada lapisan epidermis hingga ke dermis pada kulit, sehingga akan menimbulkan sebuah gelembung.

Gelembung yang dihasilkan tersebut umumnya mengandung cairan yang berisi protein, darah, serta senyawa-senyawa kimia dari kulit yang telah terbakar.

Mengobati luka bakar yang melepuh hingga menimbulkan gelembung perlu perlakuan khusus meskipun bisa dilakukan di rumah.

Gelembung yang berukuran besar dengan diameter diatas 6 millimeter -menurut British Burn Association pada Clinical Practice Guideline for Management of Burn Blisters– boleh dipecahkan menggunakan alat yang steril.

Sedangkan gelembung yang berukuran kecil dengan diameter dibawah 6 milimeter tidak perlu dipecahkan.

Gelembung yang terbentuk di satu sisi dapat melindungi luka bakar yang dialami, namun disisi lain dapat menyebabkan bakteri dan patogen lainnya berkembang biak sehingga menimbulkan infeksi yang memperlambat penyembuhan luka.

Salep Untuk Luka Bakar

Diantara beberapa cara mengobati luka bakar yang telah disebutkan di atas, sobat sehat juga dapat menggunakan beberapa salep untuk luka bakar.

Penggunaan salep untuk luka bakar tentunya juga disesuaikan terhadap derajat luka bakar yang dialami serta atas rekomendasi dokter.

  1. Salep untuk luka bakar derajat ringan.

Luka bakar derajat ringan biasanya hanya menimbulkan reaksi iritasi serta peradangan ringan di sekitar area kulit yang terbakar. Salep yang dapat digunakan diantaranya adalah:

  • Burnazin Plus. Salep ini mengandung senyawa yang mencegah dan mengobati infeksi yang terjadi pada area luka bakar.
  • Mebo Mild Burn Treatment. Salep ini mengandung bahan-bahan herbal yang dapat mengurangi gejala di sekitar area luka sehingga membantu proses penyembuhan luka.
  • Betadine Antiseptic Ointment. Siapa yang tak kenal dengan merk Betadine? Merk ini juga mengeluarkan salep untuk mencegah infeksi pada luka termasuk luka bakar.
  1. Salep untuk luka bakar derajat sedang.

Luka bakar derajat sedang tentunya gejala yang timbul akan lebih berat dari luka bakar gejala ringan.

Secara klinis, luka bakar derajat sedang akan menimbulkan gejala seperti pendarahan ringan, nyeri atau perih, serta kulit melepuh dan menggelembung. 

Beberapa salep yang dapat digunakan adalah:

  • Bioplacenton. Salep ini mengandung placenta extract yang dapat mempercepat penyembuhan luka terbuka pada luka bakar derajat sedang.
  • Myrhax. Salep ini dapat membersihkan luka bakar yang terlanjur mengalami infeksi seperti keluar nanah. Mengandung senyawa antimikroba dan antijamur yang dapat mempercepat penyembuhan infeksi luka bakar kamu.
  1. Salep untuk luka bakar derajat berat.

Luka bakar derajat berat umumnya harus ditangani secara khusus dan intensif oleh ahlinya. Namun sobat sehat tak perlu khawatir, ada juga salep untuk luka bakar derajat berat.

Salep tersebut Bernama Mafenide Acetate. Salep ini berfungsi membunuh dan mengurangi resiko penyebaran bakteri pada sekitar area kulit yang terluka bahkan sampai ke aliran darah.

Kapan Harus ke Dokter?

DokterRSCM

Jika Sobat Sehat menderita luka bakar kemudian setelah dilakukan pengobatan menggunakan salep tak kunjung sembuh, maka segera hubungi dokter.

Penggunaan salep pada dasarnya juga harus melalui konsultasi serta pengawasan dokter demi tercapainya pengobatan yang efektif serta efisien.

Jangan takut, kamu dapat melakukan pemeriksaan awal dengan dokter spesialis melalui telekonsultasi pada aplikasi SmartRSCM by SiapDok di playstore dan appstoreu ntuk penanganan awal apabila luka bakarmu tidak kunjung sembuh.

(Muhammad Rifqi Athallah)

Referensi:

British Burn Association. Diakses Pada 2022. Clinical Practice Guideline for Management of Burn Blisters.

E-Journal Undip. Diakses Pada 2022. Efek Madu dalam Proses Epitelisasi Luka Bakar Derajat Dua Dangkal.

Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar, Vol.8 No.1. Diakses Pada 2022. Efektifitas Anti Inflamasi Daun Mangga (Mangifera Indica) Terhadap Luka Bakar Derajat Dua.

Jurnal Profesi vol.08. Diakses pada 2022. Penatalaksanaan Luka Bakar.