Jakarta, 18 Oktober 2022 — Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) telah resmi meluncurkan aplikasi konsultasi dokter online bernama Tell PON pada Selasa, 18 Oktober 2022. Acara grand launching Tell PON dihadiri oleh Direktur Utama RS PON, dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS, jajaran direksi RS PON lainnya, tamu undangan, dan juga pihak Dewan Pengawas.
Aplikasi Tell PON merupakan hasil kolaborasi antara RS PON dengan SiapDOK (PT Telekonsul Digital Indonesia) yang memudahkan pasien untuk mendapatkan layanan konsultasi dokter di RS PON tanpa perlu datang langsung ke rumah sakit.
Layanan konsultasi dokter online oleh Tell PON menawarkan tarif yang lebih terjangkau hingga 50% dibandingkan dengan berkonsultasi secara luring di RS PON. Meskipun begitu, RS PON menjamin layanan konsultasi online melalui Tell PON tetap memberikan kualitas terbaik dan #CepatResPON.
Fitur utama dari Tell PON, yang tidak dimiliki oleh aplikasi konsultasi kesehatan serupa lainnya, adalah integrasi dengan medical record number (MRN) atau rekam medis RS PON. Artinya, apabila pasien berkonsultasi melalui Tell PON, maka hasil konsultasi pasien tersebut akan terekam otomatis di database rekam medis RS PON. Jika pasien diminta untuk datang langsung ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih mendalam, maka pasien tidak perlu mengulang proses dari awal lagi berkat integrasi rekam medis tersebut.
Tidak hanya itu, Tell PON juga menghadirkan 3 fitur andalan lainnya yang dapat menunjang ekosistem telekonsultasi kesehatan. Tiga fitur tersebut adalah peresepan dan pengiriman obat oleh Kimia Farma, uji laboratorium klinik oleh Prodia, dan jasa klaim asuransi kesehatan oleh AdMedika.
Hadirnya fitur peresepan dan pengiriman obat oleh Kimia Farma memudahkan pasien untuk tetap di rumah dan fokus untuk pemulihan diri saja karena pihak Kimia Farma langsung yang akan mengantarkan obat ke rumah pasien. Selain itu, obat yang diresepkan oleh dokter setelah berkonsultasi di Tell PON juga bisa ditebus oleh pasien sendiri di Kimia Farma mana saja. Pasien tidak perlu print out resep tersebut dan cukup menunjukkan tangkapan layar ponsel yang menampilan resep tersebut.
Selain itu, dengan adanya fitur andalan kedua dari Tell PON yakni uji laboratorium klinik oleh Prodia, keakuratan diagnosis merupakan suatu hal yang pasti didapatkan dengan berkonsultasi di Tell PON. Hasil konsultasi pasien dengan dokter di Tell PON dapat diuji di laboratorium klinik Prodia dan hasilnya bisa diambil di Prodia mana saja yang paling dekat dengan domisili pasien. Hal ini tentu saja sangat memudahkan pasien yang berada di luar Jabodetabek mengingat pasien tidak perlu mengambil hasil lab di RS PON langsung.
Fitur andalan ketiga dari Tell PON adalah jasa klaim asuransi kesehatan oleh AdMedika by Telkom Group. Dengan menggunakan fitur ini, pasien hanya perlu fokus penyembuhan diri karena proses administrasi klaim asuransi yang panjang akan dilakukan sepenuhnya oleh pihak AdMedika.
Hadirnya Tell PON sebagai wajah baru aplikasi konsultasi kesehatan di Indonesia diharapkan dapat semakin membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan kualitas terbaik di mana pun dan kapan pun.
Tentang SiapDOK
SiapDOK (PT Telekonsul Digital Indonesia) merupakan platform yang bergerak di bidang Hospitals & Healthcare yang dikembangkan sejak tahun 2020.
Bersama RS Vertikal Pusat, SiapDOK menghadirkan aplikasi unggulan yaitu SmartRSCM, Klik Dharmais, dan Tell PON untuk memberikan layanan terbaik di mana saja dan kapan saja, tanpa batas ruang dan waktu.