Skip to content
Home » 3 Aplikasi Konsultasi Dokter yang Terintegrasi dengan Rumah Sakit

3 Aplikasi Konsultasi Dokter yang Terintegrasi dengan Rumah Sakit

  • by

Aplikasi konsultasi dokter sangat cocok untuk kamu yang sibuk untuk pergi ke klinik atau rumah sakit karena kamu tidak perlu mengantre pendaftaran hingga menebus resep obat. 

Media konsultasi dari berbagai aplikasi konsultasi dokter beraneka ragam, mulai dari chat, telepon, hingga video call.

aplikasi konsultasi dokter

Sumber: freepik

Namun, timbul pertanyaan aplikasi mana sajakah yang memiliki kredibilitas tinggi dengan tingkat kerugian minim hingga nol? 

Kita perlu selektif dalam memilih aplikasi konsultasi online supaya bisa mendapatkan pelayanan semaksimal walaupun secara daring.

Jangan khawatir! Karena pertanyaanmu sudah terjawab dengan hadirnya SiapDOK dengan deretan aplikasi-aplikasi konsultasi online seperti Smart RSCM, Klik Dharmais, dan Tell PON.

Kira-kira seberapa kredibel SiapDOK, ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Mengenal SiapDOK, Perusahaan Penyedia Aplikasi Telekonsultasi!

Aplikasi Konsultasi Dokter SiapDOK

 

SiapDOK yang berada di bawah naungan PT Telekonsul Digital Indonesia merupakan perusahaan penyedia jasa layanan konsultasi dokter online berbasis video. 

Dikembangkangkan sejak tahun 2020, SiapDOK muncul sebagai respon terhadap pandemi COVID-19, dimana pelayanan kesehatan sangat dibutuhkan untuk dapat diakses dimanapun dan kapanpun mengingat masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah saja.

Telekonsultasi berbasis video dipilih oleh SiapDOK dengan mempertimbangkan berbagai hal, beberapa diantaranya adalah ketepatan diagnosis dan juga kecepatan proses konsultasi yang bisa menghemat waktu pasien.

Karena dengan video call, dokter bisa melihat body language pasien yang dibutuhkan untuk ketepatan diagnosis terutama untuk masalah kejiwaan.

Selain itu, karena tingkat kecepatan mengetik setiap orang berbeda, video call tentu saja lebih efisien karena waktu tidak terbuang banyak untuk mengetik.

SiapDOK bekerja sama dengan berbagai rumah sakit top Indonesia seperti Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), RS Kanker Dharmais, dan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON).

SiapDOK menjamin kualitas tertinggi dengan hanya menghadirkan dokter-dokter handal dari jajaran rumah sakit dengan kredibilitas tinggi di Indonesia.

Saat ini, SiapDOK sedang gencar-gencarnya mengajak rumah sakit terpercaya di Indonesia yang belum memiliki aplikasi telekonsultasi untuk bekerja sama dengan SiapDOK.

Hal ini bertujuan supaya pelayanan kesehatan dari rumah sakit tersebut dapat dijangkau oleh semua orang tanpa batas ruang dan waktu, sehingga dapat menjadi pilihan tercepat dan paling tepat dalam keadaan darurat.

Hingga saat ini, SiapDOK sudah menjalin kerja sama dengan 3 rumah sakit ternama yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tidak hanya bekerja sama dengan berbagai rumah sakit ternama di Indonesia, SiapDOK juga bekerja sama dengan AdMedika, Kimia Farma, dan Prodia.

Layanan jasa klaim asuransi dari AdMedika memudahkan pasien untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari rumah sakit dengan asuransi yang dimiliki pasien, sehingga pasien cukup fokus penyembuhan saja karena proses administrasi 100% dibantu oleh AdMedika.

Sebagai perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, Kimia Farma juga bekerja sama dengan SiapDOK dalam memberikan pelayanan peresepan dan pengantaran obat. Tidak perlu keluar rumah, karena Kimia Farma akan langsung mengantarkan obat ke rumahmu!

Laboratorium Prodia sebagai laboratorium klinik yang memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia juga bekerja sama dengan SiapDOK untuk keperluan uji lab dari hasil diagnosis dokter di aplikasi konsultasi dokter online SiapDOK.

3 Aplikasi Konsultasi Dokter Terbaik!

Konsultasi kesehatan kini lebih mudah diperoleh berkat adanya aplikasi konsultasi dokter online, terutama dengan metode video call yang bisa menunjang hasil diagnosis yang lebih cepat dan tepat.

Berikut ini merupakan 3 aplikasi konsultasi dokter online dari SiapDOK yang bisa kamu unduh melalui Play Store atau App Store:

SmartRSCMAplikasi Konsultasi Dokter SmartRSCM by SiapDOKAplikasi konsultasi dokter online SmartRSCM adalah hasil kolaborasi dari SiapDOK dengan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Kerja sama antara SiapDOK dan RSCM dengan aplikasi SmartRSCM telah diresmikan secara langsung oleh Kementerian Kesehatan Indonesia pada acara launching tanggal 05 Agustus 2022 lalu.

Dengan aplikasi SmartRSCM, kamu bisa menikmati layanan konsultasi premium dengan lebih dari 500 dokter spesialis di RSCM tanpa perlu menunggu lamanya waktu antre di loket pendaftaran apabila kamu datang ke rumah sakit langsung.

RSCM dengan #PercayakanDoktermu mengoptimalkan jangkauannya kepada masyarakat yang sekiranya memiliki kendala untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit dengan adanya aplikasi SmartRSCM.

Ketepatan dan kecepatan diagnosis dari gejala-gejala yang kamu alami bukan lagi hal yang sulit diwujudkan berkat adanya video call interaktif dengan dokter. Dengan video call, dokter bisa lebih mudah memahami kondisi yang kamu alami.

Dokter spesialis RSCM pilihanmu akan langsung memberikan suggestion atau saran yang bisa mencegah atau meringankan gejala yang kamu rasakan. Dengan kata lain, sama seperti ketika kamu datang ke rumah sakit secara langsung.

Tidak hanya itu, dokter akan langsung meresepkan obat yang diperlukan yang bisa kamu tebus di apotek terdekat setelah berkonsultasi di SmartRSCM.

Jangan khawatir, sudah tersedia layanan delivery obat oleh Kimia Farma sehingga kamu tidak perlu keluar rumah sama sekali!

Selain itu, kini telah tersedia fitur uji laboratorium dari Prodia untuk ketepatan hasil diagnosis konsultasi online yang hasilnya bisa kamu ambil di lab Prodia terdekat. 

Jasa klaim asuransi kesehatan oleh AdMedika dari Telkom Group juga telah tersedia di SmartRSCM untuk kamu yang ingin fokus pemulihan diri dan tidak mau direpotkan oleh urusan administrasi klaim asuransi.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat melihat pada laman resmi Instagram @smartrscm atau langsung mengunduh aplikasinya di Play Store atau App Store.

Klik Dharmais
KlikDharmais by SiapDOKAplikasi konsultasi dokter online SiapDOK juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais yang menjadi Pusat Kanker Nasional untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat melalui Klik Dharmais.

Klik Dharmais adalah jawaban untuk pasien yang berada di bagian wilayah Indonesia yang sulit mendapatkan pelayanan kesehatan prima untuk penyakit kanker karena keterbatasan alat dan tenaga medis.

Dengan #OneKlikDharmais, kamu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik dari RS Kanker Dharmais hanya dengan satu ketukan di smartphone-mu!

Melalui media video call interaktif, hasil diagnosis pasien bisa ditentukan jauh lebih cepat dibandingkan dengan chat biasa.

Selain itu, kamu juga bisa langsung mendapatkan saran langsung dari dokter yang bisa meringankan keluhan yang kamu rasakan.

Sama seperti SmartRSCM, dokter juga bisa langsung membuat resep digital yang nantinya bisa kamu tebus ke apotek langsung atau bisa juga melalui layanan antar obat oleh Kimia Farma jika kamu ingin di rumah saja.

Seluruh aplikasi SiapDOK termasuk Klik Dharmais sudah memiliki fitur jasa klaim asuransi kesehatan oleh AdMedika dan uji laboratorium dari hasil diagnosis konsultasi online oleh Prodia.

Dapatkan aplikasi Klik Dharmais sekarang dengan mengunduh aplikasinya melalui Play Store ataupun App Store dan buktikan kenyamanan berkonsultasi dengan dokter-dokter berkredibilitas tinggi di RS Kanker Dharmais!

TellPON
TellPON by SiapDOKRumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr. dr. Mahar Mardjono, Jakarta, juga menjadi partner SiapDOK dengan hasil kolaborasi bernama Tell PON.

RS PON berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses dan kepuasan pelanggan dengan aplikasi konsultasi dokter online Tell PON yang memberikan pelayanan konsultasi kesehatan terbaik dengan jaminan #CepatResPON.

Dengan berkonsultasi di Tell PON, kamu bisa menikmati layanan video call interaktif dari dokter-dokter spesialis di RS PON yang bisa memberikan masukan atau saran yang bisa kamu terapkan untuk meringankan gejala yang kamu alami.

Dilengkapi dengan fitur uji laboratorium klinik dari Prodia, hasil diagnosis kamu bisa diperiksa lebih lanjut melalui uji lab untuk ketepatan hasil diagnosis.

Terdapat pula fitur layanan jasa klaim asuransi kesehatan oleh AdMedika yang bisa kamu manfaatkan jika kamu tidak paham alur klaim asuransi kesehatan.

Layanan konsultasi kesehatan prima dari RS PON sudah bisa kamu akses dimana saja dan kapan saja dengan mengunduh aplikasi Tell PON di App Store atau Play Store.

Wah, ternyata banyak juga ya produk dan pihak yang sudah bekerja sama dengan SiapDOK! Nantikan kehadiran aplikasi-aplikasi konsultasi dokter online dari SiapDOK lainnya dengan follow media sosial SiapDOK:

Instagram: @siapdok_id

LinkedIn: SiapDOK

(Alula Sakinah)